Selasa, 17 April 2018

RPP Perbandingan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                      :    SMPN 2 Modung
Mata Pelajaran         :    Matematika
Kelas/Semester          :    VII/Ganjil
Materi Pokok            :    Perbandingan
Alokasi Waktu           :    15 JP (6 Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.9           Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda).
3.10       Menganalisis perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan.
3.9.1        Membedakan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio) dan yang bukan.
3.9.2        Menjelaskan tarif, kelajuan, kurs dari satuan yang berbeda.
3.9.3        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio).
3.10.1    Menentukan perbandingan yang ekuivalen.
3.10.2    Menjelaskan perbandingan senilai (proporsi) sebagai suatu pernyataan dari dua perbandingan yang ekuivalen 5 : 2 = 10 : 4.
4.9           Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda).
4.10       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik  nilai.
4.9.1        Membuat suatu perbandingan senilai untuk menentukan nilai x dalam 5 : 2 = 10 : x.
4.9.2        Membedakan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan  menggunakan tabel, grafik dan persamaan.
4.10.1    Menggunakan berbagai macam strategi termasuk tabel dan grafik untuk menyelesaikan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai.

C.     Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik dapat:
1.      Membedakan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio) dan yang bukan.
2.      Menjelaskan tarif, kelajuan, kurs dari satuan yang berbeda.
3.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio).
4.      Menentukan perbandingan yang ekuivalen.
5.      Menjelaskan perbandingan senilai (proporsi) sebagai suatu pernyataan dari dua perbandingan yang ekuivalen 5 : 2 = 10 : 4.
6.      Membuat suatu perbandingan senilai untuk menentukan nilai x dalam 5 : 2 = 10 : x.
7.      Membedakan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan  menggunakan tabel, grafik dan persamaan.
8.      Menggunakan berbagai macam strategi termasuk tabel dan grafik untuk menyelesaikan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai.

D.     Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
·         Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran
·         Menentukan Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda
·         Memahami dan Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Senilai
·         Menyelesaikan Masalah Perbandingan Senilai pada Peta dan Model
·         Memahami dan Menyelesaikan Masalah yang Terkait dengan Perbandingan Berbalik Nilai
2.      Materi pembelajaran pengayaan
3.      Materi pembelajaran remedial
E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                              :   Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran                :   Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

F.      Media, Alat, dan Bahan  
Ø  Media Pembelajaran
1.      Media Pembelajaran          :  LCD projector
2.      Alat Pembelajaran              :   Laptop,
3        Bahan Pembelajaran          :   Bahan Tayang

G.  Sumber Belajar:
©  Teks Siswa,
©  Buku Pegangan Guru,
©  Modul/bahan ajar,
©  Sumber internet,
©  Sumber lain yang relevan

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada semester 1 tentang himpunan
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Konsep Perbandingan (rasio)
Ø  Menentukan perbandingan dua besaran
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø  Konsep Perbandingan (rasio)
Ø  Menentukan perbandingan dua besaran
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati permasalahan kontekstual tentang rasio (perbandingan)
Dari foto di atas, Nadia memperoleh informasi bahwa terdapat 9 laki-laki dan 7 perempuan yang ada di foto. Nadia menceritakan tentang foto tersebut kepada teman-temannya sebagai berikut.
1.      Tujuh dari enam belas orang yang ada di foto adalah laki-laki.
2.      Banyak laki-laki dan perempuan di foto adalah 9 berbanding 7.
3.      Banyak laki-laki di dalam foto adalah dua lebih banyak dari pada perempuan.
Menurut siswa, manakah yang sesuai untuk menyatakan perbandingan banyak laki-laki terhadap banyak perempuan di foto keluarga Nadia? Mengapa? Pernyataan nomor 1 dan 2 sesuai untuk menyatakan perbandingan dari banyaknya laki-laki dalam keluarga Nadia di foto tersebut. Pernyataan nomor 1 membandingkan banyaknya laki-laki dengan banyaknya seluruh keluarga dalam foto. Sedangkan nomor 2, membandingkan banyaknya laki-laki dan perempuan dalam foto. Lain halnya dengan pernyataan nomor 3, membandingkan selisih antara anggota keluarga laki-laki dan perempuan dalam foto.
v  Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar dibawah ini
Contoh 1
Siswa di SMP Sukamaju diminta untuk memilih membaca berita melalui media online atau media cetak. Dari 150 siswa, 100 siswa memilih media online dan 50 siswa memilih media cetak.
Bagaimana cara kalian membandingkan pilihan siswa membaca melalui
online atau media cetak?
Berikut beberapa jawaban dari pertanyaan di atas.
ü  dari siswa SMP Sukamaju yang mengikuti survei memilih media cetak untuk membaca berita.
ü  Rasio banyak siswa yang memilih media online terhadap media cetak adalah 2 : 1.
ü  1 dari 3 siswa memilih media cetak.
ü  Banyak siswa yang memilih membaca online adalah 50 lebih banyak dari siswa yang membaca berita melalui media cetak.
ü  Banyak siswa yang membaca online dua kali lipat dari siswa yang membaca melalui media cetak.
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
·         Konsep Perbandingan (rasio)
·         Menentukan perbandingan dua besaran
v  Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
·         Konsep Perbandingan (rasio)
·         Menentukan perbandingan dua besaran
v  Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
·         Konsep Perbandingan (rasio)
·         Menentukan perbandingan dua besaran
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
·         Konsep Perbandingan (rasio)
·         Menentukan perbandingan dua besaran
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
·         Apakah setiap pernyataan pada penyelesaian di atas telah melaporkan hasil survei secara benar dan akurat terhadap siswa SMP Sukamaju?
·         Bandingkan pernyataan (d) dan (e), manakah yang lebih jelas dalam membandingkan? Jelaskan.


Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
·        Konsep Perbandingan (rasio)
·        Menentukan perbandingan dua besaran
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
·        Konsep Perbandingan (rasio)
·        Menentukan perbandingan dua besaran
Dengan cara mengamati beberapa contoh soal dibawah ini
Soal 1
Dari 150 siswa diwawancarai tentang kesukaan membaca berita, 100 siswa memilih media online dan 50 siswa memilih media cetak. Rasio banyak siswa yang memilih media online terhadap jumlah siswa yang diwawancarai ditunjukkan sebagai berikut.
=  atau 2 : 3 atau 2 banding 3
Rasio 2 dari 3 menyatakan bahwa 2 dari setiap 3 siswa yang diwawancarai lebih memilih membaca berita melalui media online.
Rasio banyak siswa yang memilih media online terhadap media cetak
ditunjukkan sebagai berikut.
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas :
Ø  Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
v  Mendiskusikan
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  :
·        Konsep Perbandingan (rasio)
·        Menentukan perbandingan dua besaran
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data :
Ø  Konsep Perbandingan (rasio)
Ø  Menentukan perbandingan dua besaran
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Konsep Perbandingan (rasio)
Ø  Menentukan perbandingan dua besaran
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Konsep Perbandingan (rasio)
Ø  Menentukan perbandingan dua besaran
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Konsep Perbandingan (rasio)
Ø  Menentukan perbandingan dua besaran
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Konsep Perbandingan (rasio)
Ø  Menentukan perbandingan dua besaran
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri  2 Modung




ASUR, M.Pd
NIP. 19610117 198403 1 008
Modung, 10 Oktober 2017
Guru  Mata Pelajaran




Taufik Albar, S.Pd.
NIP. 19810518 200501 1 009



10
menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar