Sekolah
|
:
|
SMP
Negeri 2 Modung
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Matematika
|
Kelas/
Semester
|
:
|
IX /
Genap
|
Materi
Pokok
|
:
|
Sistem
Persamaan linier Dua Variabel
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
1 pertemuan (
2 x 40 menit)
|
A. Kompetensi
Inti ( KI )
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.14 Memilih
strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan masalah
|
3.14.1 Menjelaskan langkah-langkah memodelkan
suatu masalah penghematan ATK di sekolah menjadi SPLDV
3.14.2
Menjelaskan metode yang digunakan
dalam penyelesaian SPLDV
|
4.8 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari
berbagai permasalahn nyata
|
4.8.1 Membuat dan Menyelesaikan
model matematika dari permasalahan
penghematan ATK di sekolah
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran
peserta didik dapat:
1. Menentukan
langkah-langkah memodelkan suatu masalah
penghematan ATK di sekolah
2. Menyelesaikan
model matematika dari permasalahan
penghematan ATK di sekolah
D. Materi Pembelajaran
§ Materi Reguler
A. Membuat
Model Persamaan Linier Dua Variabel
Persamaan Linear dua Variaabel (PLDV) adalah
persamaan yang terdiri dari dua besaran
yang belum diketahui (variabel) dan derajat tertinggi suku-sukunya adalah satu (linear).
Kumpulan dari dan atau lebih Persamaan Linear dua
Variabel (PLDV) disebut Sistem Persamaan
Linear dua Variabel (SPLDV).
Suatu masalah
tertentu dapat diselesaikan
dengan SPLDV dengan terlebih dulu
memodelkan masalah tersebut dalam SPLDV.
Langkah-langkah
memodelkan suatu masalah menjadi PLDV atau SPLDV:
Langkah
1:
Baca dan
pahami masalahnya dengan baik. Identifikasi dua besaran yang belum diketahui dan harus dicari.
Langkah
2:
Nyatakan dua
besaran tersebut dengan variabel x dan y
(boleh juga menggunakan huruf
selain x dan y ).
Langkah 3:
Nyatakan besaran lainnya pada permasalahan
yang diberikan dalam bentuk x dan y .
|
Contoh:
Perhatikan masalah di bawah ini
Berhemat dalam menggunakan Kertas (ATK)
Mengapa Kita Harus
Menghemat Kertas?
Setiap
Proses produksi kertas memerlukan bahan kimia, air dan energi dalam jumlah
besar dan tentu saja bahan baku, yang pada umumnya berasal dari kayu. Setiap
hari kita pasti menggunakan atau paling tidak berhubungan dengan kertas. Tanpa
sadar kalau perilaku boros kertas itu ternyata turut membantu laju pengurangan
hutan (deforestasi). Setiap 15 rim kertas ukuran A4 itu akan menebang
1 pohon. Setiap 7000 eks lempar koran yang kita baca setiap hari itu akan
menghabiskan 10-17 pohon hutan. Dalam satu hari ada berapa jutaan lembar kertas
yang dipakai oleh orang Indonesia, dan ini artinya ada jutaan pohon hutan yang
ditebang untuk memenuhi kebutuhan itu.
Lalu
apa yang bisa kita lakukan untuk membantu menyelamatkan hutan Indonesia yang
luasnya tinggal 120 juta ha? Jika kita hanyalah 'orang biasa' yang tidak punya
kekuatan politik dan kebijakan yang bisa merubah sesuatu secara system, kita
bisa berubah menjadi orang luar biasa dengan menerapkan perilaku yang ramah
terhadap hutan. Misalnya dengan menghemat penggunaan kertas, karena kertas itu
bahannya adalah dari kayu hutan. Sekitar 70% bahan kertas adalah menggunakan
kayu dari hutan.(Forumhijau.com)
Penghematan
kertas yang dilakukan SMP Negeri 6 malang.
yaitu pemanfaatan software "paperless exam" untuk
ulangan Akhir semester . Pada
Pelaksanaan ulangan sebelumnya kelas 7
memerlukan 22 rim kertas 8 botol tinta dengan harga Rp 940 .000,- untuk kelas 8 memerlukan 23 rim kertas dan 9 botol tinta Rp 1.005.000,
Langkah1:
Baca dan pahami
masalahnya dengan baik. Identifikasi dua besaran yang belum diketahui dan harus dicari.
Besaran yang belum diketahui dan harus dicari
adalah:
• Harga kertas per rim
• Harga tinta print per botol
Langkah 2:
Nyatakan dua besaran tersebut dengan variabel
x dan y (boleh juga menggunakan
huruf selain x dan y ).
Misalkan:
• Harga kertas per rim = x
• Harga tinta print per botol = y
Langkah 3:
Nyatakan
besaran lainnya (permasalahan yang diberikan) dalam bentuk x dan y .
Kalimat
pertama dari masalah di atas dapat dinyatakan dengan model matematika
(dalam hal
ini persamaan linear dua variabel) sebagai berikut:
22x
+ 8y = 940.000
... (i)
“Ia
membeli lagi untuk keluarganya 2 kg mangga dan 2 kg apel yang sama di warung
buah yang
sama dan membayar lagi Rp52.000,00”
Kalimat
pertama dari masalah di atas dapat dinyatakan dengan model matematika
(dalam hal
ini persamaan linear dua variabel) sebagai berikut:
23x + 9y = 1.005.000 ... (ii)
SPLDV
untuk masalah di atas adalah sebagai berikut:
22x + 8y = 940.000
23x + 9y =1.005.000 } SPLDV
Permasalahan di
atas dapat diselesaikan
dengan mencari pernyelesaian
SPLDV tersebut.
§ Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengembangan
pemecahan masalah SPLDV
§ Materi Pembelajaran Remidial
Pemecahan
masalah SPLD
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pembelajaran Saintifik
Model : Discovery Learning
Strategi :Pengamatan (observasi), Demontrasi,Tanya jawab,diskusi kelompok
presentasi dan penugasan
F.
Media
dan Bahan
1.
Media
a. Vidio :
b. Rekaman
Audio :
c. Model : Kertas, botol tinta
print
d. Gambar :
e. Realita : Lembar Kerja, lingkungan
2. Bahan
Kertas Untuk LK
G.
Sumber
Belajar
• Buku
Siswa : As’ari,
Abdur Rahman, dkk.2016. Matematika. SMP/MTs Kelas IX
Semester 2.
Jakarta
:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
• Buku
Guru : As’ari, Abdur Rahman, dkk.2016. Matematika. SMP/MTs Kelas IX
Semester2.
Jakarta
:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
·
Situs Internet: .(Forumhijau.com)
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran\
1.
Pertemuan
Pertama ( 3JP )
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberi salam, menanyakan kabar, mengajak peserta didik berdoa, dan mengecek
kehadiran peserta didik
2.
Guru memotivasi peserta didik dengan cerita tentang kegunaan belajar memodelkan permasalahan dalam PLDV dan SPLDV dalam
kehidupan sehari-hari
3.
Guru
Mengecek kemampuan prasarat peserta
didik dengan tanya jawab mengenai materi PLDV kelas VIII
4.
Guru
mengomunikasikan tujuan belajar dan hasil
belajar yang diharapkan
5.
Guru
menginformasikan cakupan materi .cara belajar yang akan ditempuh (pengamatan
dalam kelompok,demontrasi,pembahasan secara klasikal dan latihan individu)
6. Guru menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. yaitu penilaian pengetahuan
dan ketrampilan dan tehnik yang akan
digunakan.tes tertulis bentuk uraian
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Tahap 1 stimulasi/pemberian rangsangan
1.
Peserta
didik diajak ketaman sekolah untuk mencermati contoh
sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan linier dua variabel, yang didemontrasikan oleh guru
2.
Peserta
didik dan guru melakukan tanya
jawab yang berhubungan dengan hal-hal yang telah dicermati
3.
Peserta
didik diberi permasalahan
yang tertuang dalam Lembar kerja
Tahap 2 merumuskan
hipotesis
4. Peserta didik berdiskusi dengan
kelompoknya dalam mengidentifikasi masalah
yang ada pada Lembar kerja untuk dibuat hipotesis tentang penyelesaian PLDV.
Tahap
3 pengumpulan data
5. Peserta didik mengumpulkan informasi untuk menyelesaikan masalah yang ada pada Lembar
kerja menentukan langkah-langkah dalam memodelkan permasalahan dalam PLDV
Tahap 4 pengolahan
data
6. Dalam kelompoknya
peserta didik berdiskusi
menyelesaikan masalah
yang ada pada lembar kerja berdasarkan
informasi yang didapat dan merumuskan
jawabannya
Tahap 5
pembuktian(verifikasi)
1. Tiga kelompok yang
ditunjuk secara acak mempresentasikan
hasil diskusinya, Untuk mengetahui
kebenaran hipotesis yang telah dibuat mengenai langkah-langkah yang
digunakan dalam memodelkan permasalahan sehari-hari kedalam PLDV kelompok
lain didorong untuk bertanya dan menanggapi.
Tahap 6 menarik
kesimpulan(generalisasi)
2. Secara klasikal
dengan melalui pertanyaan yang terkaiat penyelesaian lembar kerja, peserta
didik dibimbing untuk merumuskan
langkah umum dalam memodelkan permasalahan sehari-hari kedalam PLDV
3. Secara individu peserta
didik menyelesaikan tugas latihan 9.1
no 1,2,3 untuk menyusun langkah-langkah dalam memodelkan permasalahan
kedalam SPLDV dan menyelesaikan masalah tersebut
4. Dalam kelompok
belajarnya peserta didk saling memeriksa, mengoreksi, berdiskusi
dan memberikan masukan terkait hasil kerja yang dibawa oleh tiap anggota kelompok.
|
95
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai langkah-langkah
memodelkan permasalahan dalam SPLDV
2.
Guru
bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan
kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati langkah-langkah memodelkan
permasalahan dalam PLDV, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan
cara diskusi, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan
mengomunikasikan jawaban dengan cara presentasi
Hasil kegiatan ditampilkan di majalah
dinding kelas dan di facebook pengajar
3.
Guru
guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara mengerjakan
kuis 2 soal
4.
Guru
menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya yaitu menyelesaikan SPLDV dengan metode
subtitusi
|
10
menit
|
I.
Penilaian
1. Tehnik
Penilaian
a.
Pengetahuan : tertulis
No.
|
Indikator
|
Contoh Butir Instrumen
|
Kunci jawaban
|
Skor maks
|
1
|
Menentukan
langkah-langkah memodelkan suatu masalah
penghematan ATK di sekolah
|
Penghematan kertas yang dilakukan
SMP Negeri 6 malang. yaitu pemanfaatan
software "paperless exam “
Karena setiap ulangan Akhir semester kelas 8. diperlukan 23 rim kertas
8 botol tinta dengan harga Rp
815.000,- untuk kelas 8 membutuhkan
24 rim kertas dan 9 botol tinta Rp
870.000.
Berapa harga 1 rim kertas dan 1 botol tinta.
·
Tentukan
langkah-langkah memodelkan masalah di atas dalam SPLDV
|
·
langkah-langkah memodelkan masalah di atas dalam
SPLDV
Langkah1:
Misalkan:
harga
kertas adalah x
harga
tinta adalah y.
Langkah 2:
persamaan
matematika penggunaan kertas dan tinta
pada kegiatan ulangan
kelas 8
persamaan matematika
penggunaan kertas dan tinta pada kegiatan ulangan
kelas 9 → 24 x + 9y = 870.000
jadi
SPLDV untuk masalah di atas adalah sebagai berikut:
24x + 9y =
870.000 SPLDV
|
5
5
5
5
|
2
|
Menjelaskan metode yang digunakan dalam
penyelesaian SPLDV
|
Jelaskan
metode yang digunakan dalam penyelesaian
|
· Metode Subtitusi yaitu menggati salah satu variabelnya
· Metode Eliminasi yaitu menghilangkan salah satu variabelnya
· Metode campuran
|
10
|
3
|
Menyelesaikan model
matematika dari permasalahan
penghematan ATK di sekolah
|
Penghematan kertas yang dilakukan
SMP Negeri 6 malang. yaitu pemanfaatan
software "paperless exam “
Karena setiap ulangan Akhir semester kelas 8. diperlukan 23 rim kertas
8 botol tinta dengan harga Rp
815.000,- untuk kelas 8 membutuhkan
24 rim kertas dan 9 botol tinta Rp
870.000.
a. harga 1 rim kertas dan I botol
tinta
b. Berapa rupiah yang dapat dihemat pembelian kertas dalam
pelaksanaan Ulangan dalam 1 tahun. ( 1 tahun
2 kali ulangan )
|
a.
23x + 8y = 815.000
24x + 9y = 870.000
15 x =
375.000
x, = 25
x=25
575 + 8y = 815.000
y.= 30
Jadi harga 1 rim kertas : Rp25.000,-
Dan harga 1 botol tinta =Rp 30.000
b.
Harga
kertas untuk ulangan = 2 Harga
kertas untuk ulangan = 2 x ( 23+24xRp25.000,-) = Rp2.350.000
Jadi jumlah uang yang dapat dihemat pembelian kertas dalam pelaksanaan
Ulangan dalam 1 tahun beli kertas
Rp2.350.000,-
|
5
5
5
5
|
Skor maksimal
|
50
|
Nilai =
b.
Ketrampilan
:praktik
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
Praktik
|
Membuat dan Menyelesaikan model matematika dari permasalahan penghematan ATK di sekolah
|
dilakukan SMP Negeri 6
malang. yaitu pemanfaatan software
"paperless exam “ Karena
setiap ulangan Akhir semester kelas 8. diperlukan 23 rim kertas 8 botol
tinta dengan harga Rp 815.000,- untuk kelas 8 membutuhkan 24 rim kertas
dan 9 botol tinta Rp 870.000.
Buatlah persamaan
linier dua variabel dari permasalahan tersebut dan tentukan
selesaiaannya!
|
Selama pembelajaran
|
2.
Pembelajaran
Remedial
•
bimbingan
perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor
sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian.
3.
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik
yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan
untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam
bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi,
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Modung
ASUR, M.Pd
NIP. 19610117 198403 1 008
Modung, 10
Oktober 2016
Guru Mata Pelajaran
Taufik Albar, S.Pd.
NIP. 19810518 200501 1 009
ALHAMDULILLAH BAGUS
BalasHapusNah ini baru benar benar rpp adiwiyata
BalasHapusSEMOGA BISA GUNAKAN SBG ACUAN DALAM MENYUSUN RPP TERINTEGRASI LH
BalasHapusInspiratif
BalasHapus